5 Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Saat Berkendara

Advertisement
BBM

Foto: www.motorku.info

Sebagai bagian dari transportasi, kendaraan roda 2 maupun roda 4 sekarang sudah menjadi kebutuhan, mulai dari angkutan barang, transportasi, hingga sebagai status sosial. Seiring dengan pertumbuhan transportasi, konsumsi BBM juga meningkat dan pada artikel kali ini akan dijelaskan cara mengurangi konsumsi bahan bakar sepeda motor saat berkendara.

1. Usahakan kecepatan konstan

Pada kecepatan konstan daya yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan kendaraan akan lebih rendah dari pada kecepatan yang berubah-ubah, contohnya stop and go. Pada kondisi seperti itu mesin akan membutuhkan daya yang besar untuk menggerakkan kendaraan dari posisi berhenti ke posisi jalan, sehingga mesin juga membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

2. Tidak memainkan gas saat posisi diam

Saat posisi diam seperti di traffik light, atau saat memanaskan kendaraan, memainkan pedal gas juga dapat membuat konsumsi bahan bakar boros, dikarenakan bahan bakar terbuang percuma pada posisi diam.

3. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Bahan bakar juga berpengaruh penting, jika anda menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maka proses pembakaran akan semakin sempurna, sehingga cukup membutuhkan sedikit bahan bakar untuk memperoleh daya maksimal, yang jadi masalah bahan bakar beroktan tinggi sekarang semakin mahal.

4. Gunakan RPM rendah

Mobil atau motor yang menggunakan transmisi manual dapat mengaplikasikan tips berikut. Usahakan gunakan putaran mesin (RPM) rendah untuk berkendara, tetapi perlu diperhatikan, jika anda menggunakan putaran mesin yang rendah, kecepatan harus konstan agar mesin tidak terlalu bekerja berat, dan juga gunakan feeling anda untuk merasakan apakah mesin tidak terlalu bekerja berat.

Perhatian! penggunaan RPM yang sangat rendah tidak dianjurkan, apa lagi sampai mesin mati karena bekerja terlalu berat, gunakan hanya jika saat-saat terdesak seperti POM bensin masih jauh, itupun tidak dengan menggunakan RPM yang terlalu rendah.

5. Matikan mesin saat posisi diam

Jika berhenti lebih dari 2 menit, matikan mesin kendaraan anda, contohnya pada saat dilampu merah, yang masih dalam waktu lama, sebaiknya matikan saja mesin kendaraan anda untuk menghemat bahan bakar. Tetapi jika untuk memanaskan kendaraan tidak masalah, asalkan jangan terlalu lama.

Advertisement
5 Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Saat Berkendara | Jagat Otomotif | 4.5