5 Tips Berkendara Ketika Banjir Agar Mesin Tidak Mati

Advertisement
Banjir jakarta

Foto: berita-langit.blogspot.com

Saat yang paling menyebalkan bagi pengendara motor adalah ketika hujan, karena harus repot-repot berhenti dan menggunakan jas hujan. Tetapi ada satu lagi yang tidak saya sukai yaitu banjir, kalau tidak hati-hati mesin motor bisa mati bahkan sampai macet karena terendam air.

Kali ini saya akan memberikan tips melewati banjir bagi pengendara roda dua.

1. Putaran mesin stabil

Bagi sebagian orang jika berkendara pelan pasti senang memainkan gas, jika ini anda lakukan pada saat menerjang banjir kemungkinan besar mesin akan mati, kenapa? karena saat mesin dalam putaran tinggi lalu kemudian turun secara mendadak, dan naik lagi akan membuat mesin menyedot bahan bakar lebih banyak, dan air dapat masuk melewati knalpot motor, karena tendangan balik mesin lebih besar.

2. Usahakan stabil diputaran mesin tinggi

Pada saat diputaran mesin tinggi maka gas yang keluar pada knalpot akan tinggi juga, dan air tidak sempat masuk melalui knalpot

3. Tidak menggunakan motor bebek

Motor bebek memang nyaman dikendarai, tetapi karena kebanyakan menggunakan mesin rebah posisi busi akan lebih rendah, jika terendam air lama akan menyebabkan busi macet.

4. Jangan melepas saringan udara

Melepas saringan udara sama saja dengan membiarkan udara masuk dengan bebas ke pembakaran, tanpa disaring. Apa jadinya jika air yang masuk, tentu saja mesin akan macet. Ini juga berlaku saat hujan deras.

5. Cari jalan lain atau berteduh

Usahakan mencari jalan lain yang tidak tergenang banjir, atau berteduh sebentar, jika banjir tidak mungkin untuk dilewati.

Sedikit saran bagi pengendara motor, ketika cuaca sudah menunjukkan tanda-tanda akan hujan, seperti mendung sebaiknya anda mengurungkan niat untuk pergi jauh karena dikawatirkan akan hujan lebat atau malah akan jadi banjir. Jika anda nekat untuk menerjang hujan, usahakan kondisi motor baik dan tidak sering macet.

Jas hujan yang anda gunakan juga sebaiknya yang berbentuk jaket dan celana / rok, sehingga akan memudahkan anda untuk berkendara dengan menggunakan sepeda motor, jika menggunakan jas hujan yang bukan jenis jaket akan membahayakan pengendara, sudah banyak kejadian kecelakaan akibat kurang memahami penggunaan jas hujan tersebut.

Advertisement
5 Tips Berkendara Ketika Banjir Agar Mesin Tidak Mati | Jagat Otomotif | 4.5