Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Kendaraan Baru

Advertisement
yamaha r1, motor sport

Foto: wikipedia

Membicarakan soal motor baru banyak perdebatan dikalangan para pengguna kendaraan roda dua yang mungkin tidak ada habis-habisnya, mulai dari tidak boleh berboncengan hingga tidak boleh menggeber mesin pada kecepatan tinggi, padahal jenis motor juga berbeda, produsen juga beda, tentu saja saat motor baru proses perawatannya juga tidak sama, masing-masing produsen dan jenis motor pasti punya cara sendiri yang harus dilakukan untuk motor baru, padahal semua itu sudah tertulis dalam buku panduan.

Untuk lebih menjelaskan hal itu kali ini jagatotomotif akan memberikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada motor baru, menurut penulis.

1. Berboncengan

Untuk yang satu ini banyak perdebatan, seperti tidak boleh digunakan untuk berboncengan bertiga, menurut penulis sendiri ini relatif selagi berat pengendara dan orang yang dibonceng tidak melebihi beban yang dianjurkan oleh pabrikan dalam buku panduan. Dilogika saja, walaupun berboncengan bertiga tetapi yang dibonceng adalah anak-anak sama saja boncengan berdua kan?

Tetapi idealnya menurut penulis untuk digunakan berdua saja, karena mempertimbangkan masalah keselamatan dan kenyamanan dijalan.

2. Ngebut

Ini juga banyak yang bertanya, penulis sendiri setuju jika tidak boleh ngebut, karena mesin yang masih baru memerlukan penyesuaian dengan part-part yang lain, jika part-part saling bergesekan terlalu keras akan menimbulkan gesekan yang berlebih dan mengakibatkan mesin cepat aus, oleh sebab itu ikuti buku petunjuk penggunaan yang disediakan.

Tidak hanya motor baru, motor yang sudah lama juga tidak dianjurkan untuk terlalu sering ngebut, kecuali jika anda mengikuti ajang balapan, maka hal itu ya sah saja untuk dilakukan.

3. Penggunaan pedal gas

Jika anda berkendara usahakan menarik gas perlahan, jangan membabi buta seperti pada ajang balap MotoGP. Ingat kendaraan anda bukan kendaraan balap! bagian mesin juga tidak sekuat pada motor balap, jadi usahakan menarik pedal gas perlahan pada mesin yang masih baru, apalagi jika berboncengan.

Mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan tentang Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Kendaraan Baru jika ada yang kurang mohon ditambahkan.

Advertisement
Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Pada Kendaraan Baru | Jagat Otomotif | 4.5