Arti Warna Bendera di MotoGP

Advertisement

 

Logo MotoGP

Pada ajang balap motoGP sering kita melihat bermacam-macam warna bendera yang dikibarkan tergantung situasi, ada bendera hitam (black flag), bendera putih (white flag), bendera merah (red flag), dan masih banyak lagi.

Perlu teman-teman ketahui bahwa masing-masing bendera memiliki artinya masing-masing.

Bendera Chequered Flag (papan catur)

Bendera ini dikibarkan pada saat pertandingan telah usai yang menandakan pertandingan telah selesai atau finish, tetapi bendera papan catur ini juga digunakan pada saat sesi kualifikasi yang artinya sesi tersebut telah selesai.

Bendera hitam (black flag)

Jika pada saat pertandingan balap bendera ini dikibarkan bersamaan dengan nomor pembalap artinya pembalap tersebut terkena diskualifikasi dan dikeluarkan dari race, pembalap yang nomornya tercantum harus keluar dari balapan dan masuk ke pit.

Bendera putih (white flag)

Biasanya dikibarkan agar para pembalap mengganti motor dengan menggunakan ban yang sesuai, bendera ini paling sering digunakan saat cuaca berganti dari kering ke basah atau sebaliknya karena akan membahayakan jika pembalap tidak mengganti ban sesuai kondisi lintasan.

Bendera hitam putih

Sedangkan bendera hitam putih jika dikibarkan bersama dengan nomor pembalap artinya pembalap tersebut mendapatkan peringatan biasanya melakukan hal yang kurang sportif atau curang dalam balapan. Jika pembalap tidak mempedulikan dan masih melakukannya maka akan mendapat bendera hitam yang artinya didiskualifikasi.

Bendera hitam orange/jingga

Warna bendera ini hitam dengan warna orange atau jingga berbentuk lingkaran ditengahnya, bendera ini dikibarkan bersamaan dengan nomor pembalap, artinya motor dari pembalap tersebut mengalami masalah teknis dan harus keluar dari pertandingan, karena di khawatirkan akan membahayakan pembalap itu sendiri dan pembalap lain.

Bendera kuning (yellow flag)

Arti dari warna kuning ini adalah berhati-hati, biasanya terjadi kecelakaan atau kendaraan pembalap yang rusak di lintasan sehingga dapat mengganggu jalannya pertandingan, perlu diketahui saat bendera kuning dikibarkan para pembalap harus mengurangi kecepatan dan tidak boleh mendahului pembalap lain sedangkan jika bendera kuning yang dikibarkan berjumlah 2 buah maka pembalap harus bersiap-siap berhenti sampai bendera hijau dikibarkan.

Bendera hijau (green flag)

Bendera hijau telah dikibarkan menandakan jika pertandingan bisa dilanjutkan seperti semula dan larangan pada saat bendera kuning dikibarkan juga ditiadakan.

Bendera merah (red flag)

Sama seperti pada lampu traffic light yang berwarna merah, menandakan balapan harus dihentikan dan pembalap harus masuk kembali ke pit, jika bendera ini dikibarkan terjadi hal yang membahayakan seperti cuaca sangat buruk atau kecelakaan fatal.

Bendera biru

Bendera biru ditujukan kepada pembalap yang akan di overlap, dan pembalap tersebut harus memberikan jalan pada pembalap yang akan meng-overlap, jika setelah 3 kali pembalap tidak memberikan jalan maka pembalap tersebut akan mendapatkan hukuman, selain untuk hal tersebut bendera biru biasanya juga digunakan pada pembalap dari pit yang akan masuk kedalam lintasan untuk memberi tahu jika ada pembalap lain yang sedang berada dalam lintasan mendekat.

Bendera kuning merah

Bendera dengan garis kuning dan merah biasanya dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan menjadi licin entah itu karena oli atau minyak yang tercecer di jalan, dan bisa juga dikarenakan hujan yang menyebabkan lintasan menjadi licin.

Bendera putih dengan tanda silang berwarna merah

Hampir sama dengan bendera kuning merah yang menandakan lintasan licin, namun pada balapan motoGP bendera ini lebih sering digunakan untuk memberi tahu bahwa hujan turun dan jalanan menjadi licin.

 

Advertisement
Arti Warna Bendera di MotoGP | Jagat Otomotif | 4.5