Bahaya Menggunakan Ban Kecil (ban cacing)

Advertisement
Ban kecil (ban cacing) vixion

Ban kecil (ban cacing) new vixion

Ban adalah salah satu bagian motor yang penting, sebagus-bagusnya mesin motor dan mempunyai body yang cantik tak akan ada gunanya jika tidak ada ban untuk berjalan, ban ibaratkan kaki pada makhluk hidup.

Lebih jauh ngomongin soal ban, masih banyak anak-anak alay yang mengganti ban motor ke ban dengan ukuran paling kecil, jika selisih ukurannya tidak jauh dengan ukuran ban standart mungkin tak terlalu bermasalah, tetapi jika ukurannya sangat kecil akan mengakibatkan banyak masalah bahkan bisa fatal akibatnya, walaupun kadang-kadang ada keunggulannya juga sih.

Sebenarnya tidak masalah ingin menggunakan ban dengan ukuran kecil, asal sesuai dengan tujuan. Misal, motor dengan kapasitas mesin kecil ban standarnya juga kecil. Karena untuk mengimbagi mesin yang kecil agar tarikan tidak berat, dan dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengganti ban anda dengan ukuran yang kecil alangkah baiknya sesuaikan dengan tujuan terlebih dahulu, untuk apa motor digunakan, misalnya untuk kontes, pajangan, balapan, atau untuk sehari-hari. Lihat saja pada pertandingan Moto GP, ban yang digunakan ukurannya besar agar lebih stabil saat bermanufer, dan juga mengimbangi power mesin yang sangat besar.

Bahaya menggunakan ban dengan ukuran kecil

  • Tergelincir

Saat menggunakan ban kecil jika digunakan pada kecepatan yang tinggi dan bermanufer ini sangat berbahaya, motor bisa menjadi tidak stabil dan tergelincir, karena ban tidak sanggup mengimbangi berat motor dan penunggangnya, ini yang paling bahaya, jadi fikirkan lagi jika ingin ganti ban kecil. Ban dengan ukuran standart saja sering tergelincir jika kena lubang, apalagi yang kecil.

  • Merusak pelg

Karena ukurannya kecil ban tidak sanggup meredam benturan atau getaran sehingga pelg yang kena, contohnya jika jalan tidak rata dan terbentur lobang atau batu dapat menyebabkan rusaknya pelg atau malah tergelincir.

  • Kena tilang

Saat ada tilang, motor yang menggunakan ban kecil sering terjaring, karena dianggap membahayakan.

Kelebihan menggunakan ban dengan ukuran kecil

  • Tarikan ringan

Saat menggunakan ban kecil, tarikan menjadi ringan, karena berat ban dan gaya gesek ke jalanan kecil, sehingga tarikan menjadi ringan. Biasnya banyak digunakan untuk balapan drag, walaupun resikonya sangat tinggi.

  • Rantai dan gir lebih awet

Karena tarikan ringan kerja rantai dan gir jadi tidak berat, sehingga lebih awet dalam jangka panjang.

Advertisement
Bahaya Menggunakan Ban Kecil (ban cacing) | Jagat Otomotif | 4.5