Cara Belajar Mengemudi Mobil yang Aman dan Benar

Advertisement
Belajar Mengemudi Mobil

Belajar Mengemudi Mobil, Source: pixabay.com

Apakah anda sudah berusia 17 tahun? Jika iya, sekarang saatnya anda untuk mencari Surat Izin Mengemudi “SIM” tentunya anda harus punya KTP terlebih dahulu. Banyak manfaat dengan anda mempunyai sim, mulai dari dapat bepergian dengan menyetir sendiri, mengantarkan ibu berbelanja hingga aman dari razia kendaraan, tapi yang lebih penting anda akan mendapatkan pengalaman baru yang lebih seru.

Saat anda baru pertama kali mendapatkan SIM pasti kemungkinan besar akan ugal-ugalan dalam berkendara, hal ini wajar karena anda mendapatkan hal baru dan ingin mengeksplor kemampuan berkendara yang anda miliki, tetapi jika sebelumnya tempramen anda tidak stabil kemudian tidak mendapatkan pengetahuan dan bekal yang cukup dapat membahayakan pengendara yang lan dan diri anda sendiri. Itu sebabnya SIM baru bisa diperoleh saat anda berusia 17 tahun, karena dalam usia tersebut diperkirakan sudah bisa mengendalikan emosi dalam berkendara.

Maka dari itu JagatOtomotif.com akan memberikan sedikit tips sebelum anda mengajukan Surat Izin Mengemudi agar pengalaman berkendara anda nanti akan lebih aman dan pastinya seru.

Teori mengemudi itu perlu

Untuk dapat mengemudi dengan baik dan aman sebenarnya bukan hanya dapat menyetir saja melainkan banyak faktor seperti, anda harus menjaga sikap saat berkendara, mengerti pengetahuan dasar yang biasanya tidak bisa didapatkan pada les menyetir atau yang lainnya. Anda dapat memperoleh teori ini di lingkungan sekitar atau mendengarkannya dari orang lain.

Perhatikan juga kebiasaan buruk anda, usahakan menghindari kebiasaan menggunakan hp saat pertama berkendara, karena jika sudah kebiasaan akan berbahaya. Jika anda ngantuk sebaiknya urungkan niat untuk belajar menyetir.

Jangan langsung di jalan raya

Jika anda baru pertama kali belajar menyetir usahakan jangan langsung di kalan raya, cobalah dahulu di lapangan dekat rumah atau jika di komplek bisa mengitari jalanan komplek.

Pilihlah rute yang tidak terlalu sulit dilalui, jangan yang berkelok-kelok dan sempit, jika anda sudah mahir itu bukan masalah, tetapi saat pertama belajar usahakan yang mudah dilalui. Jika sudah mulai dapat mengendalikan kendaraan dengan baik barulah bisa anda coba di jalan raya.

Jangan marah saat di kritik

Kritik dari teman atau orang lain yang mengajari kita mengemudi bisa jadi pelajaran berharga dikemudian hari, maka dari itu terimalah dengan iklas dan jadikan itu sebagai pelajaran. Anda juga jangan cepat marah saat di kritik supaya anda dapat belajar bagaimana mengatur emosi dan juga mengerti bagaimana seharusnya mengemudi yang baik dan benar.

Buat jadwal dan aturan sendiri

Jika anda ingin cepat bisa mengemudi dijalanan buatlah aturan untuk diri anda. Misal, latihan seminggu sekali, saat latihan tidak boleh membawa hp, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan lebih cepat dapat belajar mengemudi dan yang pasti menghilangkan kebiasaan buruk saat menyetir.

Bagaimana tips belajar mengemudi diatas? Semoga anda cepat bisa menyetir dengan baik dan benar.

Advertisement
Cara Belajar Mengemudi Mobil yang Aman dan Benar | Jagat Otomotif | 4.5