6 Cara Membedakan Busi Asli dan Palsu Dengan Mudah

Advertisement
Busi NGK Racing

Busi NGK Racing, sumber: www.ngksparkplugs.com

Busi merupakan bagian kendaraan bermotor yang berguna sebagai pemercik api untuk proses pembakaran dalam mesin, semakin banyaknya masyarakat yang memiliki kendaraan sekarang mengakibatkan para oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat busi palsu, dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih, dikarenakan harga busi asli sekarang cukup tinggi.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Busi Denso Iridium IU24

Untuk mengatasi hal tersubut kali ini JagatOtomotif memberikan sedikit tips buat teman-teman agar tidak tertipu ketika membeli busi. Secara garis besar, busi asli dan palsu dapat dibedakan melalui beberapa cara berikut:

  1. Perbedaan mendasar busi asli dan palsu dapat anda lihat pada kode disetiap busi, kode tersebut menunjukkan kode produksi masing-masing busi dan artinya hanya diketahui oleh produsen pembuat, nah pada busi palsu cetakan kode biasanya terlihat acak-acakan dan tidak rapi.
  2. Ulir atau biasa disebut drat pada busi asli lebih rapi dan halus, anda bisa coba memperhatikan lebih teliti saat memilih busi, minta penjual untuk memperlihatkan merk busi lain agar anda lebih mudah untuk membandingkan.
  3. Pada busi terdapat keramik sebagai isolator, untuk busi palsu keramik tersebut terlihat terlalu cerah sedangkan sebaliknya pada busi asli warna keramik terlihat sedikit doft dan tidak cerah.
  4. Plating metal shell pada busi asli menggunakan bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat, kalau busi palsu biasanya mudah berkarat bahkan ketika baru anda buka dari kardusnya sudah ada titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell nya.
  5. Bagian elektroda busi asli yang berfungsi untuk menyembutkan bunga api terlihat lebih rapi, kalau yang palsu penempatan part nya kurang presisi dan setiap busi kadang-kadang tidak sama, entah itu gap atau sambungannya.
  6. Gasket (ring) pada busi asli terlihat lebih halus dan tidak mudah dilepas walau anda putar mengikuti alur, walaupun bisa dilepas akan sangat sulit, sedangkan busi palsu bentuk gasket biasanya tidak rapi bekas potongannya dan mudah dilepas.

Ada tambahan sedikit dari Suprianto selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia tentang Busi NGK asli, Menurutnya pada busi NGK yang asli kualitas pembuatannya sangat diperhatikan.

Busi NGK yang asli pada bagian atas maupun bawah terdapat sebuah komponen yang bernama sheet packing dan wire packing yang berguna agar kepala busi dan bagian lain tidak mudah goyang, selain itu juga berfungsi untuk menahan getaran saat mesin dihidupkan dan juga dapat mencegah kebocoran di ruang bakar mesin. Pada busi palsu biasanya tidak terdapat komponen tersebut sehingga kualitasnya bisa dikatakan jelek.

Secara tidak langsung memang sulit untuk membedakan busi asli dan palsu, tetapi anda dapat melakukan beberapa tes dengan cara menggunakan busi beberapa jam kemudian dilepas, selanjutnya coba anda putar kepala busi, jika ikut berputar maka kemungkinan bahwa busi NGK tersebut palsu menurut Suprianto.

Berikut akibat yang mungkin terjadi dikarenakan menggunakan busi palsu:

  • Tenaga mesin kurang maksimal, dikarenakan proses pembakaran tidak sempurna.
  • Boros bahan bakar, karena pembakaran yang tidak sempurna otomatis anda menarik gas lebih banyak sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih boros.
  • Mengeluarkan uang lebih, karena busi palsu biasanya tidak awet dan cepat mati.

Baca juga: Tenaga Mesin Menurun, Cek Kondisi Busi

Jika anda kesulitan dalam memilih busi sebaiknya anda membeli busi di tempat-tempat yang sudah terpercaya, untuk menghindari membeli busi palsu.

Mungkin itu saja ciri-ciri dan perbedaan busi asli dan palsu, semoga dapat membantu anda memilih busi yang berkualitas.

Advertisement
6 Cara Membedakan Busi Asli dan Palsu Dengan Mudah | Jagat Otomotif | 4.5