Cara Mencegah Karat Pada Knalpot dengan Mudah

Advertisement

Knalpot Old Vixion

Knalpot merupakan salah satu komponen kendaraan baik itu motor maupun mobil yang berguna sebagai jalur pembuangan sisa pembakaran dari mesin, selain itu fungsi dari knalpot adalah untuk memaksimalkan tenaga yang dikeluarkan mesin. Sebagai salah satu komponen yang sangat penting, perawatan knalpot sebaiknya jangan kita abaikan, karena dapat menggangu performa mesin dan terlebih lagi harga dari knalpot juga tidak murah.

Masalah yang sering terjadi pada knalpot adalah karat atau sering disebut korosi, berdasarkan pengamatan pada kendaraan banyak sekali para pengendara yang kurang memperhatikan kesehatan knalpot padahal jika tidak dirawat knalpot dapat bocor yang disebabkan karena karat yang mengendap dalam waktu yang lama. Untuk mencegah komponen knalpot motor atau mobil anda dari karat (korosi) ada beberapa tips yang dapat anda gunakan, simak tips cara merawat knalpot motor dan mobil dari karat sebagai berikut:

Nyalakan mesin setelah mencuci kendaraan

Penting bagi anda untuk menyalakan kendaraan setelah selesai mencuci, karena pada saat anda mencuci kendaraan ada sebagian air dan sabun yang masuk ke knalpot, air dan sabun ini jika tidak cepat-cepat di hilangkan akan menyebabkan karat, terlebih sabun bersifat basa ini dapat mempercepat terjadinya karat. Saran dari saya setelah selesai mencuci kendaraan sebaiknya menyalakan mesin sebentar atau anda gunakan untuk berkeliling agar air yang masuk dalam knalpot dapat hilang.

Selalu periksa kemudian bersihkan bagian bawah knalpot

Bagian yang sering luput dari perhatian adalah bagian bawah knalpot dan bagian pipa pembuangan yang menuju ke mesin, pada bagian ini sering sekali kotor apa lagi saat musim hujan, jika anda tidak membersihkannya akan menyebabkan korosi (karat) yang dapat merusak knalpot anda. Saat mencuci bersihkan bagain ini hingga bersih dan keringkan.

Jangan sering-sering kepantai atau melewati jalan becek

Saat kita berkendara di pinggir pantai, udara yang terdapat disekitarnya mengandung kadar garam yang tinggi, kandungan garam ini dapat mempercepat korosi atau karat, bukan hanya pada knalpot melainkan seluruh bagian kendaraan. Baca: Kendaraan Harus Rajin dicuci Jika Sering Pergi Kepantai.

Untuk mencegah karat sebaiknya bersihkan atau cuci kendaraan sehabis dari pantai atau setelah melewati daerah yang becek.

Cepat-cepat keringkan knalpot jika basah

Jika kendaraan anda habis kehujanan atau setelah mencuci kendaraan, anda wajib mengeringkannya hingga kering, agar tidak timbul karat.

Lumasi knalpot secara berkala

Tidak hanya rantai yang harus diberi pelumas, knalpot juga perlu di beri pelumas agar tidak menimbulkan karat, bagian yang perlu diberi pelumas adalah bagian “Muffler/Silincer”, tuangkan oli baru jangan oli bekas kedalam silincer sekitar 1-2 sendok atau anda dapat menggunakan selang kecil oli tidak tumpah.

Bersihkan celah sempit atau baut

Celah sempit dan baut yang terdapat di knalpot dapat menyebabkan karat karena sering terdapat air dan kotoran yang luput saat dibersihkan, perhatikan dan bersihkan bagian tersebut.

Semoga saja tips diatas dapat membantu anda merawat knalpot motor maupun mobil dari karat agar tetap awet dan tahan lama.

Advertisement
Cara Mencegah Karat Pada Knalpot dengan Mudah | Jagat Otomotif | 4.5