6 Cara Mengatasi atau Menghilangkan Suara Nembak di Knalpot

Advertisement

Mengatasi Knalpot Nembak

Suara “nembak” pada knalpot disebabkan oleh banyak faktor seperti pembakaran yang kurang sempurna, busi yang tidak cocok, busi sudah tidak layak pakai, setingan atau masalah pada karburator, pemasangan knalpot yang kurang rapi, settingan yang kurang pas.

Masalah knalpot seperti ini kadang sering membuat kita tidak nyaman saat berkendara, saya pernah kaget saat mengalami masalah tersebut, bahkan saat ada pengendara lain yang knalpotnya mengalami masalah nembak-nembak ini saya juga kaget,hehe. Coba bayangkan kalau orang yang yang menyetir latah atau kagetan saat mendengarnya kan bisa bahaya.

Saya pernah membahas mengenai penyebab knalpot “nembak” pada postingan sebelumnya, jika ingin teman-teman bisa membaca untuk mengetahui penyebabnya, tapi kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi knalpot “nembak” yang bisa menjadi referensi teman-teman.

Cara Mengatasi atau Menghilangkan Suara Knalpot Nembak

  1. Cek karburator

Karburator merupakan salah satu penyebab masalah, biasanya pada pilot screw / setelan angin karburator, jika anda bisa menyetelnya sendiri coba setel agar sesuai motor anda, bisa 2,5 sampai 3 putaran penuh, jika belum mendapat setelan yang pas, teman-teman bisa mencari sendiri, atau jika bingung bawa saja kendaraan ke bengkel yang sudah terpercaya supaya lebih meyakinkan.

  1. Cek busi

Spare parts lain yang patut dicurigai adalah busi motor anda, apa lagi jika busi yang teman-teman pakai sudah lebih dari 6000 km, bentuk busi ini kecil tetapi sangat vital pada kendaran makanya jangan ragu-ragu untuk mengganti busi anda jika dirasa sudah tidak layak untuk dipakai.

  1. Filter udara

Selanjutnya adalah filter udara, jika filter udara rusak maka proses pembakaran mesin akan terganggu karena dalam proses pembakaran membutuhkan pasokan udara yang memadai, udara tersebut sebelum memasuki ruang bakar akan disaring oleh filter agar mengurangi partikel debu yang dapat menggangu dalam proses pembakaran.

Perlu diketahui, filter udara biasanya diganti jika sudah 15.000 km kalau punya teman-teman sudah lebih dari itu, saya sarankan agar diganti saja, tetapi jika dirasa masih baru dan kondisinya masih cukup baik anda bisa membersihkannya saja. Khusus untuk beberapa tipe motor ada yang tidak dianjurkan untuk dibersihkan dan digunakan kembali, melainkan harus diganti baru, untuk itu sebaiknya lihat buku panduan atau tanyakan pada mekanik bengkel.

  1. Selang bahan bakar

Hal lain yang dapat mengganggu proses pembakaran adalah selang bahan bakar dari tangki hingga menuju ke mesin, jangan sampai rusak atau bocor.

  1. Knalpot

Suara yang bermasalah kan di knalpot, bisa jadi knalpot teman-teman yang bermasalah, entah itu pemasangan yang kurang rapi, ada kebocoran, atau bahkan knalpot yang sudah tidak layak pakai.

  1. Bawa ke bengkel

Jika sudah bingung tidak tau lagi harus diapakan, bawa saja ke bengkel, beres kan?hehe bisa sekalian konsultasi ke mas montir.

Itulah 6 tips cara mengatasi suara knalpot yang nembak semoga bermanfaat bagi teman-teman, jika ada sahabat kalian yang mempunyai masalah seperti ini dan sering bikin kaget bisa dikasih tau juga atau di share ke sahabat anda tersebut.

Advertisement
6 Cara Mengatasi atau Menghilangkan Suara Nembak di Knalpot | Jagat Otomotif | 4.5