Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dari Warna Asapnya

Advertisement
Asap motor

Foto: otosia.com

Salah satu hal yang mengganggu di jalan saat berkendara adalah asap dari knalpot kendaraan, contohnya seperti di kota-kota besar seperti jakarta, asap kendaraan ada dimana-mana.

Kali ini jagatotomotif akan memberikan tips tentang cara mengetahui masalah mesin kendaraan dari warna asap knalpot.

Sebelumnya, disini saya membahas tentang asap kendaraan roda 2 dengan mesin 4 tak. Pada kondisi normal, mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap yang berwarna, Tetapi karena dimakan usia onderdil-onderdil yang ada semakin aus, dan menimbulkan gejala-gejala, salah satunya adalah asap yang berwarna ( warnanya bukan seperti rainbow cake ya :-) ).

1. Asap berwarna hitam

Jika asap yang keluar berwarna hitam, ini bisa disebabkan tidak sempurnanya proses pembakaran, seperti settingan pembakaran yang terlalu basah, atau lebih mudahnya bensin yang terlalu banyak masuk keruang pembakaran, jika hal tersebut terjadi di kendaraan anda sebaikna cek beberapa part seperti:

  • Setelan angin atau kalau di mesin injeksi setelan CO terlalu kecil sehingga bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang bakar kurang terbakar sempurna karena kurang udara, solusinya dapat pergi ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah anda percaya untuk menyetel kembali ke setingan yang pas
  • Kotornya filter udara, hal ini juga dapat mempengaruhi pembakaran, solusinya dapat dengan mengganti filter udara dengan yang baru. 

2. Asap berwarna putih

Ini bisa disebabkan karena oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, coba lihat mesin-mesin 2 tak yang menggunakan oli samping, kebanyakan akan mengeluarkan asap berwarna putih, hal itu dikarenakan oli samping ikut terbakar, tetapi itu tidak masalah dimesin 2 tak karena desain mesin berbeda dengan mesin 4 tak yang sekarang banyak di produksi.

Jika kendaraan anda mengalami hal seperti itu coba cek bagian blok silinder, dibagian ini terdapat piston, bisa di cek pada bengkel langganan jika anda tidak mengerti tentang mesin, atau bisa ke bengkel resmi. minta mekanik untuk cek semuanya apakah ada yang aus, dan beri tahu mekanik tentang kondisi motor anda, untuk beberapa kasus yang sering aus adalah ring piston, karena ausnya ring piston menyebabkan oli mesin merembes naik ke pembakaran sehingga ikut terbakar, solusinya jika ingin mengganti ring piston sekalian dengan pistonnya.

Advertisement
Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dari Warna Asapnya | Jagat Otomotif | 4.5