Cara Mengganti Air Radiator Yamaha Vixion

Advertisement

Yamacoolant Air Radiator

Cara mengganti air radiator vixion – Pernah mendengar air radiator? Mungkin sebagian besar masyarakat khususnya pria pasti tidak asing, air radiator merupakan cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin kendaraan ke sirip radiator yang nantinya didinginkan oleh udara sekitar atau kipas dan kemudian di alirkan kembali ke mesin agar suhu mesin tetap terjaga, atau istilahnya tidak overheat.

Biasanya mesin motor yang sudah menggunakan teknologi radiator dengan pendingin cairan (Liquid Cooled) memiliki mesin dengan kapasitas 150 cc atau lebih, dikarenakan jika kapasitas mesin semakin besar panas yang dihasilkan juga meningkat, jika tidak di imbangi dengan sistem pendinginan yang baik maka mesin tidak akan bekerja secara maksimal.

Saat ini sistem pendinginan mesin motor ada dua jenis, yaitu yang masih konvensional menggunakan udara sebagai pendingin utama, sedangkan yang terbaru menggunakan radiator dengan cairan sebagai pendingin utama. Sedangkan salah satu motor yang populer dan sudah menggunakan sistem pendingin radiator adalah Yamaha Vixion, penggunanya di Indonesia cukup banyak, namun kebanyakan tidak memperhatikan perawatan radiator seperti mengecek kondisi air radiator atau mengganggantinya secara berkala setiap 9000 – 10000 Km.

Jika kalian ingin mengganti air radiator atau cairan coolant sendiri itu cukup mudah kok, jagat otomotif sudah menyiapkan langkah-lankah dan panduan cara mengganti air radiator pada motor yamaha vixion agar teman-teman bisa menggantinya sendiri.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Kaleng bekas atau wadah untuk menampuh air radiator bekas
  • Kunci Pas nomer 10
  • Kunci L
  • Obeng jika diperlukan
  • Air radiator / cairan coolant yang baru

Jika alat-alat sudah siap, selanjutnya simak panduan cara mengganti air radiator atau cairan coolant di motor yamaha vixion berikut.

  1. Buka body samping atau side cowl bagian kanan, karena tempat untuk memasukkan air dariator ada dibalik side cowl.Side Cowl Yamaha Vixion
  2. Untuk membuka bagian side cowl tersebut bisa menggunakan kunci L, setelah terbuka akan terlihat radiator.
  3. Sekarang lanjut ke bagian mesin seperti pada gambar, kendorkan baut tersebut perlahan menggunakan kunci pas nomer 10, jangan lupa siapkan tempat untuk menampung air radiator bekas.Baut Pembuangan Air Radiator Vixion
  4. Jika baut sudah dibuka namun air radiator tidak keluar, buka tutup radiator yang ada di balik side cowl.
  5. Jika dirasa sudah keluar semua tutup kembali lubang pembuangan air radiator tadi kemundian isi radiator dengan menggunakan cairan coolant yang tadi sudah disiapkan.Mengganti Air Radiator Yamaha Vixion
  6. Pasang kembali tutup radiator dan body side cowl.

Jika teman-teman masih bingung, untuk lebih jelasnya silahkan lihat video cara mengganti air radiator dibawah ini

Kita telah selesai mengganti air radiator pada motor yamaha vixion, saya menggunakan yamacoolant air radiator. Saat itu saya beli di bengkel resmi yamaha seharga 30rb.

Jika artikel tentang cara mengganti air radiator vixion ini bermanfaat bagi anda atau teman-teman yang lain silahkan share artikel ini, terimakasih sudah berkunjung.

Advertisement
Cara Mengganti Air Radiator Yamaha Vixion | Jagat Otomotif | 4.5