Cara Mudah Membedakan Helm SNI Asli atau Palsu

Advertisement

SNIHelm sebenarnya berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, tetapi apa jadinya jika helm yang kita gunakan kurang memenuhi standar keamanan, seperti standar keamanan Indonesia (SNI)? pastinya akan kurang efektif untuk melindungi kepala.

Kali ini ada tips dan trik buat sobat jagatotomotif agar tidak salah dalam membeli helm SNI asli.

1. Perhatikan logo SNI

Helm yang SNI asli biasanya logo SNI-nya di embos alias timbul, tetapi jangan lantas semua yang logonya timbul adalah asli ya.

2. Lihat harganya

Harga helm yang paslu kadang-kadang kurang dari 100rb atau lebih murah dari harga pasaran yang lain, menurut beberapa penjual, ada juga helm yang asli SNI dengan harga miring, misalnya helm dengan merk yang kurang terkenal dan kurang laku jadi penjual memilih memberi diskon agar helm tersebut dapat terjual daripada rugi. Benar atau tidaknya saya juga kurang tahu.

3. Motif dan desain

Untuk motif dan desain, biasanya para produsen curang mencontoh dari desain helm-helm yang sudah terkenal dipasaran dan banyak dicari orang, agar masyarakat lebih tertarik membeli. Jika anda langsung mencobanya mungkin saja anda dapat membedakan helm yang asli dan palsu.

4. Styrofoam tidak lunak dan halus

Styrofoam pada helm adalah bagian putih seperti gabus yang terdapat pada bagian dalam helm yang biasanya tertutupi oleh bahan pelindung lain yang lebih lunak, pada helm SNI yang asli bagian ini jika ditekan terasa lebih empuk dan biasanya kasar, mengindikasikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan murahan dan besar kemungkinan bahwa itu helm palsu, walaupun ada logo SNI. Pada helm SNI yang asli bagian styrofoam ini jika ditekan lebih keras namun tidak keras sekali dan permukaannya halus.

5. Cat yang digunakan berkualitas tinggi

Lihat pada bagian permukaan, cat yang digunakan apakah bagus atau tidak, karena jika cat yang digunakan jelek ini sudah pasti helm palsu, untuk lebih jelasnya coba perhatikan bagian ujung atau sudut helm, maka akan terlihat proses pengecatan sempurna atau tidak, karena helm SNI asli lebih halus pengecatannya dan tidak menimbulkan noda atau cat yang tidak rata.

Advertisement
Cara Mudah Membedakan Helm SNI Asli atau Palsu | Jagat Otomotif | 4.5