Kelebihan dan Kekurangan Mobil Dengan Transmisi Manual

Advertisement
Mazda6 warna merah

Mazda 6

Mobil dengan transmisi manual banyak sekali tipe dan jenisnya, mulai dari mobil murah hingga mobil sport, teknologi transmisi mobil pertamanya menggunakan sistem manual baru setelah itu menggunakan transmisi otomatis atau sering disebut mobil matic.

Jika anda sedang ingin membeli mobil, pertimbangkan juga jenis transmisi yang digunakan, manual atau otomatis. Setelah sebelumnya JagatOtomotif memaparkan tentang kelebihan dan kekurangan mobil matic, sekarang kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan mobil dengan transmisi manual.

Kelebihan transmisi mobil manual

Menurut saya pribadi mobil dengan transmisi manual lebih cocok digunakan oleh pria, karena terlihat lebih sporty dan gagah. Lihat saja mobil-mobil sport, hampir semua menggunakan transmisi manual.

  • Akselerasi lebih baik

Dengan menggunakan transmisi manual kita jadi lebih leluasa memainkan kopling dan mengatur gas, sehingga akselerasi lebih baik, respon saat menginjak pedal gas juga lebih bagus dibanding mobil dengan transmisi otomatis.

  • Teknik engine brake dapat dilakukan

Mesin mobil dengan transmisi manual dapat melakukan engine brake, jadi saat jalanan menurun anda tidak terlalu sering menggunakan rem, karena dapat ditahan dengan mesin, sehingga mengurangi penggunaan rem.

  • Bisa irit bahan bakar

Karena kita dapat mengatur putaran mesin saat berkendara, dengan teknik yang benar mobil bisa irit bahan bakar dibandingkan mobil matic.

  • Perawatan mobil mudah

Perawatan mobil transmisi manual lebih mudah dari pada mobil matic dan biaya untuk service lebih murah, daya tahan oli juga lebih lama sehingga tidak perlu sering-sering mengganti oli.

  • Harga bisa bersaing

Harga mobil manual baru lebih murah ketimbang mobil matic, dan yang lebih enaknya harga jual kembalinya juga lebih tinggi daripada mobil matic.

Kekurangan transmisi mobil manual

Mobil transmisi manual identik dengan susah dikendarai dan repot.

  • Membuat kaki cepat pegal

Karena menggunakan kopling, pada saat jalanan macet maka akan sering menginjak kopling untuk berganti transmisi, maka kaki akan cepat pegal. Begitu juga pada saat perjalanan jauh.

  • Susah dikendarai untuk pemula

Kita harus mengatur dan mengendalikan banyak hal seperti kolping, gas, persneling, dan juga rem, semua itu harus pas, jika tidak maka mobil tidak akan berjalan dengan baik.

Kesimpulan tentang mobil bertransmisi manual

Mobil manual cocok digunakan untuk bejar mengemudi, karena jika sudah bisa mobil yang mempunyai transmisi manual, pasti bisa juga mengendarai mobil matic. Tapi jika anda tidak mau repot bisa anda pertimbangkan mobil lain. Biaya perawatan mobil bertransmisi manual cukup murah, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih saat service.

Advertisement
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Dengan Transmisi Manual | Jagat Otomotif | 4.5