Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (Transmisi Otomatis)

Advertisement

New Kijang Innova

Mobil dengan transmisi otomatis atau sering disebut dengan mobil matic semakin berkembang dari waktu ke waktu, banyak sekali alasan yang mendasari seseorang untuk memilih mobil matic, dari alasan kemudahan, tidak mau repot, dan kenyamanan. Sebenarnya mobil transmisi otomatis ini merupakan perkembangan dari jenis transmisi manual, jadi secara teknologi transmisi, mobil matic lebih modern.

Jika anda sedang memilih mobil matic sebaiknya cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya sehingga anda tidak menyesal nantinya setelah membeli mobil dengan transmisi otomatis.

Untuk memperdalam pengetahuan anda mengenai mobil matic sebaiknya simak ulasan dari JagatOtomotif dibawah ini:

Kelebihan mobil matic

Mobil dengan transmisi otomatis sangat cocok digunakan oleh wanita, kenapa? Karena wanita identik dengan kemudahan dan kenyamanan, begitu juga dengan mobil matic yang menawarkan hal tersebut.

  • Mudah digunakan

Mobil matic termasuk mudah untuk dikendarai, bahkan oleh orang awam sekalipun, dengan sedikit belajar maka akan langsung bisa menyetir.

  • Tidak repot

Untuk mengendarai mobil matic hanya dengan menginjak pedal gas mobil langsung bisa jalan, tanpa perlu repot mengurusi perpindahan transmisi.

  • Tidak capek

Kaki anda tidak akan cepat capek atau lelah karena kaki hanya menginjak pedal gas dan kadang-kadang pedal rem.

  • Nyaman digunakan saat keadaan jalan ramai atau macet

Jika anda tinggal di daerah perkotaan yang ramai dan sering terjadi kemacetan mobil matic cocok untuk anda. Hanya tinggal injak gas langsung jalan, jika berhenti tinggal injak rem, mudah bukan?

Kekurangan mobil matic

Dibaik kemudahan mobil matic kenyamanan saat dikendarai, ternyata ada kekurangannya juga.

  • Biaya perawatan mahal

Biaya untuk service mobil matic cukup mahal, anda harus sering-sering mengganti oli karena putaran mesin mobil matic lebih sering dan kita tidak bisa mengaturnya sesuka hati, maka dari itu daya tahan oli tidak akan bertahan lama. Harga spare part nya juga mahal jika harus diganti.

  • Boros bahan bakar

Konsumsi bahan bakar mobil matic lebih boros dari pada mobil dengan transmisi manual, seperti yang saya jelaskan diatas, karena putaran mesin tidak bisa kita atur saat berkendara, dengan begitu konsumsi bahan bakar juga lebih banyak.

  • Harga baru yang mahal dan harga bekas yang rendah

Harga mobil matic lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual, namun yang disayangkan harga jual kembali atau harga bekas dari mobil dengan transmisi otomatis ini sangat rendah, ini dikarenakan mobil bekas kebanyakan sudah mengalami beberapa masalah jika pembeli ingin memperbaiki biayanya mahal, mungkin itu alasan harga bekas nya rendah.

  • Kebanyakan tidak memiliki engine brake dan akselerasi kurang

Engine brake adalah salah satu teknik pengereman yang menggunakan mesin sebagai bantuannya, namun di dalam mobil matic kebanyakan tidak bisa menggunakan teknik pengereman engine brake jadi jika saat turunan anda harus siap-siap dengan rem karena akan lebih sering digunakan.

Akselerasi juga kurang baik dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual, karena kita tidak bisa memainkan kopling untuk ber akselerasi.

Kesimpulan tentang mobil matic

Mobil matic cocok bagi seseorang yang tidak ingin repot dan mengutamakan kenyamanan, jika anda tidak mempermasalahkan harga mobil atau biaya service, mobil matic ini cocok untuk anda.

Bagaimana, sudah mengerti tentang mobil matic? Semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang memilih mobil.

Advertisement
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (Transmisi Otomatis) | Jagat Otomotif | 4.5