Kenapa Ban MotoGP Halus atau Botak?

Advertisement

Ada yang tau kenapa ban yang digunakan pada balapan MotoGP halus? Tentu banyak pertanyaan tenang ban untuk balapan ini, pada dasarnya ban yang digunakan untuk balapan berbeda dengan yang digunakan untuk harian, kenapa? Pada saat balapan daya cengkram ban ke lintasan (traksi) harus besar untuk mengimbangi daya dari mesin kendaraan yang luar biasa besar, maka dari itu ban yang digunakan pada MotoGP dibuat halus.

Ban Balapan MotoGP Marc Marquez #93

Ban Balapan MotoGP, source: wikipedia

Kenapa bisa tidak tergelincir?

Mengapa tidak tergelincir itu disebabkan karena ban yang tidak menggunakan alur pada permukaannya otomatis bagian ban yang menempel pada jalan lebih banyak dari pada ban yang mempunyai alur, dan dengan begitu traksi atau cengkraman ban akan lebih besar dan itu benyebabkan motor tidak mudah tergelincir. Pihak MotoGP juga sudah memperhitungkan dengan menghilangkan alur pada ban dapat meningkatkan handling dan pengereman, sehingga sangat cocok untuk balapan.

Fungsi alur pada ban kan digunakan untuk mengalirkan air?

Pertanyaan tersebut juga sering ditanyakan, memang fungsi alur pada ban digunakan untuk mengalirkan air pada saat kendaraan melewati genangan air, sebenarnya tidak hanya untuk mengalirkan air tetapi juga lumpur. Nah kembali ke ban MotoGP yang halus, ban ini hanya digunakan untuk kondisi lintasan yang kering, maka dari itu tidak dibutuhkan alur, untuk kondisi hujan dan lintasan basah, digunakan ban khusus yang mempunyai alur agar saat melewati jalanan yang basah tidak tergelincir.

Ban Kering dan Ban Basah untuk Balapan MotoGP

Ban Kering (kiri) dan Ban Basah (kanan) untuk Balapan MotoGP, source: wikipedia

Kalau ban basah pakai alur, cengkramannya kurang dong?

Iya, secara logika memang benar cengkraman akan berkurang jika ban menggunakan alur, maka dari itu tekstur ban dibuat lebih lunak agar cengkraman ban atau traksi lebih kuat, walaupun tekstur ban lunak, ban tersebut tidak mudah terkikis oleh aspal lintasan, dikarenakan pada saat kondisi basah suhu lintasan akan dingin sehingga dapat mengurangi cepat terkikisnya ban. Pernah lihat balapan MotoGP pada saat cuaca hujan dan rider menggunakan ban basah kemudian tidak lama cuaca menjadi cerah maka ban yang digunakan akan cepat habis dan tipis, karena tekstur ban yang lebih lunak dibandingkan dengan ban kering, maka dari itu biasanya rider akan cepat-cepat mengganti dengan ban kering agar dapat melakukan balapan dengan maksimal lagi.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Ketika Banjir Agar Mesin Tidak Mati

Apakah ban botak atau halus seperti itu bisa digunakan untuk harian?

Sangat bisa, tetapi perlu di ingat, ban botak seperti itu hanya digunakan untuk lintasan kering dan sangat tidak disarankan untuk melewati jalanan yang basah, kondisi ban juga cepat tipis karena teksurnya yang lebih lunak dari ban biasanya, maka dari itu ban model seperti ini hanya cocok digunakan untuk balapan yang biasanya hanya menggunakan ban sekali pakai, jadi jika untuk harian JagatOtomotif menyarankan lebih baik menggunakan ban standar yang tersedia dipasaran yang sudah dibuat untuk harian.

Advertisement
Kenapa Ban MotoGP Halus atau Botak? | Jagat Otomotif | 4.5