Kendaraan Harus Rajin dicuci Jika Sering Pergi Kepantai

Advertisement

Berkendara dipinggir pantai sore hari sambil melihat matahari tenggelam memang menyenangkan, apalagi bersama kekasih tercinta :D tetapi jika anda sering berkendara dipinggir pantai, atau sering pergi ke pantai, kendaraan anda harus sering di cuci, kenapa harus sering dicuci, toh masih bersih? iya masih bersih luarnya, tapi uap air laut yang mengandung garam sudah banyak melekat pada kendaraan anda, air garam yang menempel pada kendaraan anda dapat membuat besi-besi yang ada dikendaraan anda cepat berkarat, dan dapat merusak bagian lainnya, coba saja lihat bangunan yang ada dipingir pantai dan terbuat dari besi, jika tidak ada yang merawat pasti cepat berkarat, begitu juga dengan kendaraan anda. Apalagi kendaraan anda cat yang melindungi kerangka dan bagian logam yang lain sudah terkelupas, ini sangat berisiko terjadi karat, solusinya dapat dengan mengecat ulang bagian kendaraan yang catnya sudah rusak atau terkelupas dengan menggunakan cat yang berkualitas tentunya agar tidak mudah terkelupas lagi, atau sering-sering saja mencuci motor kesayangan agar tidak cepat berkarat.

Sebaiknya juga rantai motor rutin diberi pelumas, caranya disini Tips Melumasi Rantai, karena biasanya rantai juga gampang berkarat walau tidak sering pergi kepantai.

Sebenarnya tidak hanya untuk motor tetapi juga untuk mobil, karena mobil part-partnya yang rumit maka harus sering dimandikan (dicuci maksudnya), khususnya pada bagian bawah mobil yang seling luput dari kebersihan

Saya sih biasanya jika habis dari pantai langsung secepatnya memandikan motor kesayangan agar tetap kinclong dan awet :) tetapi sehabis dimandikan dilap yang benar ya, sampai kering, kalau tidak kering sama aja dong, sisa-sisa air yang menempel jika tidak di lap juga akan membuat kendaraan bernoda bahkan dapat berkarat.

Pernah lihat juga motor-motor yang digunakan untuk mengangkut ikan-ikan dari tempat pelelangan ikan yang ada dipinggir pantai, kondisinya sangat memprihatinkan dengan karat dimana-mana, mungkin kondisinya hampir seperti gambar dibawah

Rantai Motor Berkarat

Motor yang berkarat

Itu mending motor masih keluaran lumayan baru, coba bayangkan jika motor keluaran lama yang sebagian besar bodinya menggunakan besi? pasti lebih parah. Maka dari itu rawatlah motor anda sebelum berkarat.

Advertisement
Kendaraan Harus Rajin dicuci Jika Sering Pergi Kepantai | Jagat Otomotif | 4.5