Menambah Tenaga Mesin dengan Memperbaiki Sistem Filter Udara

Advertisement

Menambah Tenaga Mesin dengan Memperbaiki Sistem Filter Udara – Sistem pengapian dalam mesin mobil sebenarnya sangat kompleks, tetapi ada beberapa bagian penting yang jika anda perhatikan sedikit akan membuat tenaga mobil anda meningkat, salah satunya yaitu pada bagian sitem udara yang masuk ke dalam mesin yang digunakan untuk proses pembakaran, disini terdapat beberapa bagian yang bisa anda rubah sedikit untuk meningkatkan performa mesin yaitu filter udara dan penggunaan pipa cold air intake.

Filter udara

filter udara

Filter udara, sumber: wikipedia

Pada bagian filter udara dapat kita modif sedikit untuk meningkatkan performa mesin, dipasaran banyak disediakan bermacam-macam filter udara, ada tipe Open Pod dan ada yang tipe Drop In anda dapat memilih sesuai tipe mobil anda, tipe open pod biasanya digunakan untuk mobil dengan transmisi manual sedangkan yang tipe drop in untuk transmisi otomatis, alasannya karena tipe open pod bekerja lebih baik saat RPM tinggi sehingga anda dapat mengganti transmisi dengan stabil saat putaran mesin tinggi sedangkan tipe drop in efektif digunakan saat RPM rendah sehingga cocok bagi mesin matic.

Tetapi ada beberapa resiko saat anda memilih filter udara, sebaiknya anda perhatikan apakah filter udara tersebut bisa menyaring dengan baik debu dan kotoran yang masuk ke mesin atau tidak, pada tipe drop in yang berukuran besar, udara yang masuk ke mesin juga banyak sehingga resiko debu dan kotoran ikut masuk juga tinggi jadi sebaiknya anda sering-sering memeriksa kondisi mesin dan membersihkan filter udara tersebut.

Bahan filter udara juga sebaiknya anda perhatikan, filter udara yang menggunakan bahan kasa lebih beresiko menyebabkan mesin cepat kotor daripada yang berbahan kertas khusus, karena lubang-lubang pada filter kasa lebih besar sehingga kotoran mudah masuk.

Pipa Cold Air Intake (CAI)

Cool Air Intake, cai

Cool Air Intake, Foto: wikipedia

Anda tahu fungsi pipa cold air intake? Ya, sesuai namanya fungsi pipa ini adalah untuk mendinginkan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Kenapa harus didinginkan? Karena udara dingin itu lebih padat dari pada udara panas sehingga walaupun volume udara yang masuk ke ruang bakar sedikit namun kandungan oksigen (O2) lebih banyak sehingga proses pembakaran akan lebih baik dan tenaga yang dihasilkan mesin lebih besar.

Advertisement
Menambah Tenaga Mesin dengan Memperbaiki Sistem Filter Udara | Jagat Otomotif | 4.5