Minyak Goreng Sebagai Pengganti Pelumas Rantai

Advertisement

plastik dan minyak goreng

Saat musim hujan seperti sekarang motor harus dapat perawatan lebih dari biasanya, kalau pada saat musim panas motor dicuci jika sudah terlihat kotor saja, lain halnya saat musim hujan, kalau motor habis kehujanan usahakan segera mencucinya, karena air hujan dapat merusak kerangka kendaraan, dan karena keseringan memandikan motor atau sering disebut mencuci motor, hal yang perlu diperhatikan yaitu rantainya, apakah pelumas rantai masih bagus dan kuat menempel atau sudah hilang?

Nah, kali ini saya akan bercerita sedikit pengalaman kepada pembaca. Pada saat itu saya sedang memandikan motor kesayangan, dan melihat rantai kelihatannya sudah harus dikasih pelumas lagi ini, kotor banget lagi, padahal belum lama saya kasih pelumas rantainya, kalau dipikir-pikir maklum lah karena musim hujan. Tapi kalau gini terus jadi boros dong? Habis cuman buat pelumas rantai aja. Untung saja ketika itu ada tetangga datang, dia sekolah di smk jurusan otomotif (gak penting ya?hehe) mungkin dia tahu tentang masalah rantai yang sedang saya hadapi, langsung saja deh saya tanya tentang masalah ini, ternyata dia sering pakai minyak goreng untuk melumasi rantai. Idenya bagus juga, dan kemudian terlintaslah di kepala saya “didapur kan ada minyak goreng punya ibu, dari pada beli pelumas, kan lebih irit pakai minyak goreng”.

Setelah selesai mencuci motor dan teman saya yang mempunyai ide cemerlang itu juga sudah pulang, langsung saja saya persiapkan alat-alat untuk melumasi rantai, yaitu:

  1. Plastik es ukuran sedang
  2. Minyak goreng

Karena segitu ngiritnya, saya pakai plastik es untuk wadah minyak goreng sebelum melumasi rantai,hehe lha cari-cari tempat yang cocok tidak ketemu, ya sudahlah seadanya saja :D

Cara penggunaan

sebelum diikat
Tuang minyak goreng kedalam plastik es, tidak usah banyak-banyak, secukupnya saja, dan ikat plastik es tersebut, jangan lupa lubangi ujungnya, tidak usah besar-besar.

sesudah diikat

Sekarang tinggal di lumasi saja rantainya, oke kan tips saya? :D Memang tidak sebagus oli atau pelumas rantai atau chain lube, tapi bisa digunakan sebagai alternatif untuk rantai motor anda.

Perhatian! Berhati-hatilah ketika menerapkan tips ini, usahakan tidak ada ibu dirumah, karena bisa dimarahi. Segala resiko yang terjadi ditanggung sendiri :D v

Advertisement
Minyak Goreng Sebagai Pengganti Pelumas Rantai | Jagat Otomotif | 4.5