Pengalaman Menggunakan Busi NGK Iridium CR8EIX

Advertisement

Kembali lagi, kali ini JagatOtomotif akan membahas tentang penggunaan busi NGK Iridium tipe CR8EIX pada motor old vixion tahun 2013.

ngk iridium cr8eix

Sebelum membahas lebih lanjut, kenapa sih JagatOtomotif milih busi yang tipe CR8EIX?

Sebenarnya itu rekomendasi dari bengkel, kata mekaniknya “kalau untuk harian di vixion enaknya pakai tipe itu mas, kalau yang CR9EIX cocoknya di R15”, ya sudah saya iya in aja.

Yamaha sendiri sebenarnya sudah mengeluarkan busi iridium, kalian tau? busi iridium dari yamaha yang kotaknya ada tulisan yamaha itu sebenarnya merk NGK juga, tipenya ada CR8EIX dan CR9EIX.

Untuk yang CR9EIX lebih cocok ke R15 dan R25 atau MT25.

Nah, kalau motor kalian vixion jadinya pakai yang CR8EIX aja.

Saya beli busi ini di Andoyo Motor III, lokasinya dekat tugu jogja, harganya sendiri waktu itu 110rb kalau tidak salah.

Saya sebelumnya juga pernah menggunakan busi iridium denso iu24 pada tahun 2014 sampai sekarang baru ganti busi, ya sekitar 3 tahunan lah pakai denso.

Sebelum ganti pakai NGK, busi denso yang selama ini saya pakai sebenarnya masih enak di gunakan buat harian, tapi sudah 3 tahun bosen pakai itu terus makanya ganti NGK hehe

Ketika artikel ini ditulis saya menggunakan NGK iridium CR8EIX sudah lebih dari 3 bulan, selama penggunaan tersebut tidak ada kendala, busi masih enak dipakai.

Berikut hasil pengalaman saya menggunakan busi NGK iridium.

Mesin lebih halus pakai NGK

NGK iridium tipe CR8EIX lebih cocok di vixion, mesin rasanya lebih halus bahkan di RPM tinggi.

Pada RPM rendah mesin masih terasa halus, tetap nyaman dipakai, menurut saya busi ini enak lah untuk dipakai harian.

Tarikan mantap

Untuk tarikan lebih terasa pada RPM tinggi, ya iya lah iridium kan termasuk busi racing jadi enak kalau di RPM tinggi.

Pada RPM rendah tarikannya biasa saja, tapi lebih baik dari busi standart.

Konsumsi BBM jadi lebih irit

Untuk konsumsi BBM saya merasakan lebih irit dari busi standart.

Kalau dibandingkan dengan Denso, NGK hampir sama iritnya.

Untuk kalian yang ingin mengganti busi sendiri, bisa liat di Channel youtube Jagat Otomotif atau bisa langsung liat video dibawah

INFO PENTING!

Banyak yang bilang kalau motornya Yamaha ya pakainya NGK, dan kalau Honda pakainya Denso.

Menurut saya itu cuma hoax saja, sebenarnya kedua merk busi tersebut sama-sama bagus, baik di pakai di Honda ataupun Yamaha.

Saya sendiri sudah mencoba kedua busi tersebut dan perbedaannya tidak terlalu signifikan, jadi tinggal kalian saja enaknya pakai yang mana.

Satu lagi, ada juga yang melarang busi iridium untuk dipakai buat kendaraan, alasannya macem-macem, mulai dari iridium yang tidak baik untuk menghantarkan listrik daripada tembaga sampai membuat mesin jadi cepat rusak.

Coba kalian pikir sendiri, produsen seperti NGK atau Denso itu perusahaan besar lho, ngapain mereka bikin busi mahal tapi merugikan buat konsumen, pasti mereka sudah mempertimbangkannya, dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, pasti ada alasan yang membuat busi iridium lebih baik daripada busi standart.

Mungkin itu saja yang bisa saya share buat teman-teman, jika teman-teman tertarik pakai NGK Iridium CR8EIX atau CR9EIX silahkan kunjungi toko sparepart langganan teman-teman.

Advertisement
Pengalaman Menggunakan Busi NGK Iridium CR8EIX | Jagat Otomotif | 4.5