Penyebab Kenapa Suara Knalpot Nembak

Advertisement

 

Knalpot Akaprovic R25

Pernah mengalami suara knalpot kendaraan anda seperti nembak atau meledak? Masalah seperti ini sering terjadi di kendaraan yang menggunakan knalpot racing, teman-teman tahu tau tidak penyebab knalpot nembak tersebut? Kali ini JagatOtomotif akan membahas penyebabnya, jangan sampai kelewatan lho ya.

Pembakaran yang kurang sempurna

Ketika proses pembakaran di mesin, campuran udara dan bahan bakar tidak terbakar semuanya, melainkan hanya sebagian saja, pembakaran yang kurang sempurna ini mengakibatkan ada sedikit gas yang belum terbakar sepenuhnya, gas tersebut akan terbakar kembali di pembakaran yang kedua atau istilahnya after burn, hal tersebut lah yang menyebabkan terjadinya suara ledakan atau ‘knalpot nembak’.

Busi yang tidak cocok

Busi bisa juga jadi penyebab dari suara ledakan pada knalpot, contohnya busi yang tidak cocok dengan mesin kendaraan menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna.

Busi sudah tidak layak pakai

Penyebab suara nembak pada knalpot bisa disebabkan kondisi busi yang sudah usang atau tidak layak pakai. Elektroda pada busi mungkin sudah kotor atau tertutupi oleh kerak bekas pembakaran menyebabkan percikan api yang digunakan untuk pembakaran tidak stabil, sehingga menyebabkan knalpot mengeluarkan suara ‘nembak’.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Busi Denso Iridium IU24

Karburator

Pada kendaraan bermotor ada 2 sistem yang dikenal yaitu sistem manual/karburator dan sistem injeksi. Sedangkan masalah pada knalpot ‘nembak’ ini bisa disebabkan karena kerusakan pada karburator, seperti air screw atau skrup udara/baut udara yang fungsinya mengatur banyak sedikitnya udara yang nantinya bercampur dengan bahan bakar.

Pemasangan knalpot yang kurang rapi

Knalpot yang dipasang dengan tidak rapi, seperti baut yang kurang kencang dapat menyebabkan gas buang bocor keluar sehingga menyebabkan knalpot mengeluarkan suara ‘nembak’ atau letupan, bisa juga knalpot mengalami korosi atau berlubang karena suatu alasan.

Settingan yang kurang pas

Biasanya jika anda baru saja mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing kejadian ini akan sering terjadi, itu disebabkan karena setingan yang ada pada kendaraan masih disesuaikan untuk knalpot standar sehingga kurang cocok untuk knalpot racing.

Mungkin itu saja yang bisa JagatOtomotif sampaikan, semoga dapat membantu teman-teman mengetahui penyebab kenapa knalpot kendaraan sering ‘nembak-nembak’.

Advertisement
Penyebab Kenapa Suara Knalpot Nembak | Jagat Otomotif | 4.5