Sebelum Membeli Mobil, Pertimbangkan Fitur Keamanan

Advertisement

Saat hendak membeli mobil anda pasti akan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu dari segi jenis mobil yang akan digunakan, merk mobil, desain yang menarik, performa mesin, atau keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, dari semua itu yang perlu anda pertimbangkan saat hendak membeli mobil adalah fitur keselamatan, fitur ini harus ada dan tidak boleh anda sepelekan begitu saja.

Maka dari itu, saat hendak membeli mobil entah itu mobil baru atau mobil bekas perhatikan fitur keselamatan terlebih dahulu, setelah itu baru perhatikan fitur-fitur lain yang anda sukai. Kali ini JagatOtomotif ingin memberikan sedikit info, fitur-fitur keselamatan apa saja sih yang perlu diperhatikan?

Sistem peringatan

Sebagian mobil terbaru sekarang sudah banyak yang menggunakan sistem peringatan yang canggih, sistem peringatan ini bermacam-macam, mulai dari Forward Crash Warning yang berguna untuk memberitahu jika jarak mobil anda dengan mobil didepan terlalu dekat.

Sistem yang tidak kalah canggih adalah Lane Departure Warning, sistem ini sangat berguna untuk memperingatkan anda saat mobil didepan tiba-tiba berbelok atau berpindah jalur, sebenarnya sistem ini tidak hanya memperingati namun juga dapat melakukan pencegaan untuk keamanan.

Kantong pengaman (kantong udara)

Pernah lihat ilustrasi tentang fungsi kantong udara dalam mobil? Fungsi dari kantong udara ini adalah untuk mengamankan pengemudi dari benturan, entah itu dari depan atau samping. Tetapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa kantong udara ini dapat menyebabkan cidera jika mengembang, menurut saya itu mungkin dikarenakan pengemudi salah dalam posisi duduk atau terlalu dekat dengan pedal dan letak kantong udara. Coba dilogika, kalau kantong udara tersebut berbahaya, lantas mengapa dipasang? Pasti ada fungsi untuk pengamannya.

Sistem pengereman ABS (Antilock Brakes System)

Antilock Brakes System (ABS)

Antilock Brakes System (ABS). Source: www.toyota.lk

Dari segi pengereman juga jangan sampai lupa, sistem pengereman ABS berfungsi sangat penting ketika anda melakukan pengereman mendadak, jika pada mobil yang tidak menggunakan ABS saat dilakukan pengereman mendadak besar kemungkinan roda akan terkunci dan mobil akan tergelincir, jika sudah begitu maka mobil akan susah untuk dikendalikan. Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem ABS, sistem ini mencegah roda terkunci walaupun saat pengereman mendadak, sistem ini juga sangat berguna saat kondisi hujan dan jalan licin.

Sistem kemudi

Untuk sistem kemudi, ada fitur yang akhir-akhir ini naik daun, yaitu ESC “Electronic Stability Control” sistem ini berfungsi agar saat anda melaju kencang dan melakukan over-steering atau under-steering, mobil akan melakukan pengereman otomatis agar anda tidak keluar dari jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan tunggal.

Advertisement
Sebelum Membeli Mobil, Pertimbangkan Fitur Keamanan | Jagat Otomotif | 4.5