Shell Helix Untuk Motor? Sebaiknya Jangan Gunakan

Advertisement

Shell Helix Untuk Motor Kawasaki KLXSobat, apa kalian sudah mengganti oli motor? Eits, ganti oli jangan sampai salah ya! Kali ini saya mau sedikit bercerita tentang kelanjutan pengalaman saya di borneo, temanya tentang oli Shell Helix untuk motor.

Kejadian ini terjadi didepan mata kepala saya sendiri ketika kakak mengganti oli motornya Kawasaki KLX 150S di bengkel, ternyata sang montir memberi oli Shell Helix HX5, saya sempat bingung kok dikasih oli shell helix ya? Padalah itu kan oli mobil. Perlu diketahui disini bahwa kopling pada mobil dan motor berbeda, mobil menggunakan istilah dry clutch (kopling kering) dan motor menggunakan wet clutch (kopling basah) kecuali motor balap biasanya menggunakan tipe kopling dry clutch, yang artinya pada motor selain motor balap bagian kopling ikut dilumasi agar dapat berfungsi dengan baik dan tidak terbakar dan disarankan menggunakan oli yang mengandung bahan anti slip kopling, sedangkan pada mobil tidak perlu menggunakan oli yang mengandung bahan anti slip kopling.

Nah, masalahnya disini oli shell helix itu tidak mengandung bahan anti slip kopling dan kawasaki KLX adalah motor yang menggunakan kopling, koplingnya manual lagi, sehingga dikhawatirkan akan terjadi slip kopling dan bahkan dapat membuat kopling gosong dan merusak mesin. Ngeri kan sobat?

Sebenarnya shell sudah memberikan oli khusus untuk motor yaitu oli shell advance. saya sendiri menggunakan shell advance AX7 untuk motor vixion dan peformanya lumayan walau masih semi syntetic.

Sudah tau kan sobat? Saran saya jika ingin mengganti oli sebaiknya perhatikan dan pahami jenis-jenis oli, agar kendaraan tetap awet dan tahan lama.

Sebelumnya saya berterima kasih kepada bang POP Harris yang sudah berkomentar dengan jelas menerangkan tentang penggunaan oli mobi pada sepeda motor, sehingga dapat melengkapi tulisan saya. Menurut abang POP Harris, yang paling penting untuk sepeda motor jangan menggunakan oli mobil yang mempunyai label “EC“ (Energy Coserving) atau label ILSAC GF-5, selain oli yang mempunyau label tersebut berarti aman untuk kendaraan kopling basah, khususnya pada sepeda motor, dan ada tambahan lagi, menurutnya jika ingin yang lebih aman dan bagus daya tahan olinya (long drain interval) bisa menggunakan oli diesel yg HDEO (Heavyduty Diesel Engine Oil). Jika anda ingin lebih lengkap silahkan membaca komentar beliau dibagian komentar dibawah.

Advertisement
Shell Helix Untuk Motor? Sebaiknya Jangan Gunakan | Jagat Otomotif | 4.5