Spesifikasi dan Harga Daihatsu Hi-Max, Pickup Murah Anti Banjir

Advertisement
Daihatsu Hi-Max

Daihatsu Hi-Max, sumber: daihatsu.co.id

Daihatsu mengeluarkan pickup Hi-Max yang menyasar untuk kelas perkotaan dengan jalan yang kecil dan sempit, mobil pickup 1000 cc ini dikeluarkan Daihatsu dengan spesifikasi dibawah kakaknya Grand Max yang lebih dulu keluar. Dengan dikeluarkannya Hi-Max, Daihatsu ingin melengkapi varian mobil pickup mereka dengan tujuan menguasai pasar pickup tanah air.

Jenis / Tipe Daihatsu Hi-Max

Untuk lebih memenuhi kebutuhan konsumen dikelas 1000 cc Daihatsu menyiapkan 2 tipe atau jenis pickup Hi-Max, yaitu:

Tipe standard

Pada tipe standard, Daihatsu Hi-Max hanya mempunyai fitur 1 Way Deck, Audio single din/MP3. Pada tipe standard ini tidak dilengkapi dengan AC (Air Conditioner)Sliding Driving, dan Electric Power Steering (AC & PS).

Menurut JagatOtomotif, tipe terendah dari Hi-Max ini cocok untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh dikarenakan tidak adanya AC dan posisi duduk pengemudi yang tidak dapat diatur, kalau masalah tidak adanya Power Steering mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi sebagian pengguna.

Tipe standard (AC & PS)

Sedangkan pada tipe diatasnya Hi-Max dilengkapi dengan AC (Air Conditioner)Sliding Driving, dan Electric Power Steering (AC & PS), dengan adanya AC dan posisi jok yang dapat diatur pengemudi lebih nyaman untuk berkendara menggunakan pickup ini, apa lagi terdapat power steering sehingga dapat meringankan pengemudi saat memutar stir.

Warna Daihatsu Hi-Max

Warna Daihatsu Hi-Max

Warna Daihatsu Hi-Max, sumber: daihatsu.co.id

Untuk warna Hi-Max disediakan warna Hitam (Ultra Black) dan Putih (Icy White).

Mesin

Mesin pickup Daihatsu Hi-Max menurut produsen menggunakan mesin dengan tipe 1KR-DE yang sudah mengusung jenis DOHC dengan kapasitas 998 cc (1000 cc), mesin ini sama dengan mesin Daihatsu Ayla sehingga diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Mengusung mesin 3 silinder segaris dengan 5 percepatan dan sistem transmisi manual, diatas kertas mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 57 Ps pada 5.000 Rpm dan torsi 8.7 kgm pada 4.000 Rpm. JagatOtomotif rasa cukup baik dikelas pickup 1000 cc untuk daerah perkotaan.

Untuk konsumsi bahan bakar menurut Pradipto Sugondo selaku Executive Officer Research and Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Hi-Max dapat menempuh jarak 13,5 Km dengan 1 liter bahan bakar, hasil tes tersebut menurut beliau dilakukan di jalan raya, daerah perkotaan dan jalan sempit sehingga dapat mendekati konsumsi bahan bakar sesungguhnya setelah ditangan konsumen.

Walaupun mesin sama dengan Ayla namun Hi-Max lebih boros bahan bakar, hal itu dikarenakan settingan mesinnya berbeda, Hi-Max lebih mengoptimalkan tenaga yang keluar pada putaran mesin bawah, sehingga dapat meringankan saat membawa beban berat dari posisi diam dan berjalan, untuk urusan pada putaran mesin atas memang tidak terlalu besar, maka dari itu mobil pickup ini lebih cocok pada daerah perkotaan yang sempit yang karakter berkendaranya stop and go.

Sebenarnya di Jepang Daihatsu Hi-Max memiliki mesin dengan kapasitas 660 cc namun dikarenakan pasar Indonesia kurang menyukai mesin mobil dengan kapasitas kecil maka pihak Daihatsu meningkatkan kapasitas mesin menjadi 1000 cc, agar dapat laku terjual di pasar Indonesia.

Spesifikasi Daihatsu Hi-Max

Spesifikasi Teknis
STD STD (AC & PS)
DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 3.395
Lebar Keseluruhan mm 1.475
Tinggi Keseluruhan mm 1.770
Jarak Sumbu Roda mm 1.900
Jarak Pijak Roda Depan mm 1.315
Jarak Pijak Roda Belakang mm 1.300
Tinggi Dari Tanah mm 160
Radius Putar Minimum m 4,0
Berat Total Kendaraan kg 1.730
Kapasitas Tempat Duduk 2
Bak (Bagian Dalam)
Panjang mm 1.935
Lebar mm 1.395
Tinggi mm 285
Mesin
Tipe 1KR-DE, DOHC
Kapasitas Silinder cc 998
Jumlah Silinder 3 silinder segaris
Jumlah Katup 12
Diameter x Langkah mm 71.0 x 84.0
Tenaga Maksimum Ps/rpm 57/5.000
Torsi Maksimum Kg.m/rpm 8,7/4.000
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Bahan Bakar Bensin tanpa timbal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar Liter 38
TRANSMISI
Tipe Manual, 5-Kecepatan Maju
Gigi Gigi 1: 4,059
Gigi 2: 2,390
Gigi 3: 1,457
Gigi 4: 1,000
Gigi 5: 0,838
Gigi Mundur: 4,128
Rasio Gigi Akhir 5.571
SISTEM KEMUDI
Tipe Rack & Pinion
REM
Depan Disc (cakram berventilasi) dengan booster
Belakang Drum, leading & trailing
Rem parkir Mekanis pada roda belakang
SUSPENSI
Depan MacPherson Strut, dengan per keong
Belakang Rigid-axle dengan per daun
BAN
Ukuran 14R13-8PR
KENYAMANAN
Air Conditioner Ada
Electric Power Steering Ada
Sliding Seat Driver

Dimensi

Dimensi Daihatsu Hi-Max sangat kompak, memiliki panjan 3.395 milimeter, lebar 1.475 milimeter wheelbase, dan tinggi 1.770 milimeter, dengan dimensi pickup seperti itu Hi-Max merupakan pickup yang cocok jika diajak jalan pada tempat yang sempit.

Untuk kapasitas angkut sendiri tegolong kecil, ukuran bak angkut sendiri adalah 1.935 milimeter dan lebar 1.395 milimeter, jika dibandingkan dengan motor roda 3 seperti Nozomi tipe long dengan panjang bak sebesar 2.300 milimeter dan lebar 1.25o milimeter, Hi-Max masih kalah besar, dan harga motor roda 3 Nozomi sekitar 29 juta saja. Tapi untuk kemampuan angkut Daihatsu Hi-Max diklaim dapat mengangkut beban dengan berat 750 kg hingga 1 ton terlebih lagi rodanya 4 bukannya 3 sehingga dapat masuk jalur cepat (mobil) dan ada fitur AC.

Fitur Unik Anti Banjir

Daihatsu memang sangat mempertimbangkan kondisi geografis Indonesia, apa lagi penjualan mobil pickup Daihatsu paling banyak di Jakarta yang notabene adalah daerah langganan banjir, maka dari itu pada pickup keluaran terbaru Daihatsu Hi-Max memasang fitur anti banjir untuk mengatasi agar mesin tidak mogok atau rusak permanen dikarenakan air banjir yang masuk kedalam mesin mobil.

Sebenarnya bagaimana fitur anti banjir pada Hi-Max bekerja?

Biasanya pada saat banjir mesin mogok dikarenakan ada air yang masuk kedalam mesin, nah untuk mengatasi hal tesebut pihak produsen memasang snorkel atau orang Indonesia lebih mengenal dengan istilah belalai, snorkel ini bekerja sebagai tempat masuknya udara ke mesin dan dipasang dibagian belakang kabin, dengan begitu saat banjir air tidak akan masuk ke dalam mesin kecuali air banjir sangat tinggi.

Pihak Daihatsu sendiri telah mengetes dengan ketinggian air sekitar 60 cm dengan keadaan air tenang, mesin pickup Hi-Max masih dapat bekerja dengan baik.

Harga Daihatsu Hi-Max

Untuk harga terbilang cukup terjangkau, untuk tipe standard pickup ini dijual mulai harga 95,3 juta sedangkan untuk tipe standard (AC dan PS) dijual dengan harga 103,3 juta. Selisih harga antara tipe standard dan standard (AC & PS) tidak terlalu jauh hanya sekitar 8 juta.

Advertisement
Spesifikasi dan Harga Daihatsu Hi-Max, Pickup Murah Anti Banjir | Jagat Otomotif | 4.5