Spesifikasi Lengkap Yamaha FZ-07 2015, Review dan Ulasan

Advertisement
Yamaha FZ-07 2015 Liquid Graphite

Yamaha FZ-07 2015 Liquid Graphite, Source: www.yamahamotorsports.com

Yamaha mengeluarkan motor baru yang diberi nama Yamaha FZ-07, motor ini termasuk dalam kelas naked bike yang terlihat lebih gagah dan Cool, lekukan bodi dari FZ-07 terlihat kuat dan kokoh.

Mesin motor yamaha FZ-07 berkapasitas 689 cc, dengan menggunakan pendingin liquid cooled, dua silinder sejajar, DOHC, 8 valve engine dengan sistem injeksi khas yamaha. Berat basah motor ini sekitar 180 Kg dan dan menggunakan transmisi 6-speed.

Yamaha FZ-07 tersedia dalam tiga warna yaitu Liquid Graphite, Rapid Red and Pearl White. Sedangkan harganya dipatok mulai dari $6.990 atau sekitar 70an juta rupiah.

Akhirnya yamaha mulai memperkenalkan motor yang termasuk murah dengan kapasitas mesin 689 cc dua silinder sejajar dan harga sekitar 70an juta. Dengan harga segitu fitur-fitur moge juga tetap dipertahankan, beratnya juga termasuk ringan, FZ-07 didesain agar nyaman digunakan di perkotaan hingga ke pedesaan. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penggemar motor yamaha yang bertipe naked bike.

Mesin

All-New Yamaha FZ-07 memiliki mesin besar yaitu 689 cc in-line dua silinder, pendingin cairan, DOHC, mesin 8-katup dengan sistem pembakaran injeksi. Mesin pada FZ-07 memiliki karakter kekuatan yang unik. Menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa pada putaran rendah hingga menengah dengan respon throttle yang sangat cepat, pada RPM menengah hingga tinggi masih menghasilkan daya yang luar biasa. Mesin dikembangkan hingga 50 pound torsi dan dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan saat berkendara.

Engine Yamaha FZ-07 2015

Engine Yamaha FZ-07 2015, Source: www.yamahamotorsports.com

Mesin 2-silinder milik Yamaha “Crossplane Concept” 270 derajat menyediakan pengembangan dalam torsi linear saat throttle ditarik. Di antara keuntungan dari mesin 2-silinder in-line adalah:

  1. Pengembangan torsi linear
  2. Karakteristik torsi halus dan lembut namun tetap kuat dari rentang RPM rendah sampai pertengahan
  3. Nafas gas yang panjang pada RPM Kisaran pertengahan hingga atas
  4. Sensasi pengendara dan motor yang baik.

Sebuah transmisi 6-speed baru juga telah diadopsi untuk menyesuaikan dengan mesin baru. Dengan transmisi model baru ini ukuran panjang mesin dapat diringkas agar mesin dapat ditempatkan dengan baik pada rangka motor, sehingga berat dari FZ-07 dapat terpusat dengan baik dan juga transmisi baru yamaha ini memiliki torsi yang baik pada putaran rendah dan sekaligus mengurangi terlalu sering melakukan perpindahan gigi.

Pengaturan sistem injeksi bahan bakar elektronik memberikan respon throttle yang halus untuk meningkatkan kenyamanan di perkotaan. Sistem ini memberikan torsi luar biasa dalam rentang rpm rendah, akselerasi yang sangat baik dalam kisaran rpm menengah dan karakteristik tarikan kuat di kisaran rpm atas.

Chassis dan Suspensi

Sebuah Chassis ringan dengan tipe diamon, menggunakan rangka baja dengan daya renggang tinggi memberikan keseimbangan yang baik, handling yang lincah dan stabil. Desain rangka utama lebih kompak.

Posisi riding pengendara pada FZ-07 adalah salah satu faktor yang paling penting, menawarkan keseimbangan handling sporty dan kenyamanan pengendara yang sangat baik, berkat posisi riding tegak.

Tinggi tempat duduk, lebar tangki bahan bakar sudah di desain dengan baik untuk mesin 2-silinder dan karakter berkendara setiap orang.

Front Yamaha FZ-07 2015

Front Yamaha FZ-07 2015, Source: www.yamahamotorsports.com

Suspensi depan berukuran diameter 41mm yang disetel untuk memberikan keseimbangan dan kenyamanan di jalan serta penanganan yang besar di jalan yang berkelok-kelok.

Suspensi belakang menggunakan Jenis Monocross. Posisi penempatan juga unik membuat desain bodi lebih kompak dan mengoptimalkan fungsi komponen. Suspensi belakang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan dengan berat pengendara atau beban.

Rem depan menggunakan disc ganda berukuran 282 mm, dengan 4-pot kaliper piston. Pengereman belakang ditangani oleh cakram berukuran 245 mm.

Menggunakan pel Aluminium yang ringan, mengurangi berat kendaraan agar mengoptimalkan kinerja suspensi. Roda berukuran 17 inci dilengkapi dengan 120 / 70ZR / 17 ban radial dan roda belakang 180 / 55ZR / 17 ban radial.

Fitur Tambahan

Sebuah tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter yang ramping dan gaya memberikan kenyamanan sangat baik dan kepercayaan pengendara.

Penuh panel LCD mencakup tampilan tachometer digital dengan indikator posisi gigi, speedometer digital, odometer, dual trip meter, pengukur bahan bakar, bahan bakar cadangan, jam, konsumsi bahan bakar rata-rata dan instan dan berbagai peringatan dan indikator lampu.

Tombol electric starter adalah tombol slide-tipe terintegrasi yang juga menggabungkan penampilan modern berkualitas tinggi.

Spesifikasi Lengkap Yamaha FZ-07 2015

Spesifikasi Yamaha FZ-07 2015

Spesifikasi Yamaha FZ-07 2015, Source: www.yamahamotorsports.com

Advertisement
Spesifikasi Lengkap Yamaha FZ-07 2015, Review dan Ulasan | Jagat Otomotif | 4.5