Teknik Mengendarai “Moge” yang Aman Bagi Pemula

Advertisement
Yamaha R25 Racing Blue

Yamaha R25 Racing Blue, Source: www.yamaha-motor.co.id

Motor gede atau sering disebut dengan “Moge” merupakan impian para rider di Indonesia, mulai dari cowok hingga ada juga cewek yang menyukai moge. Indonesia sebagai negara berkembang dan peminat kendaraan roda dua melimpah, produsen motor seperti Kawasaki, Honda, Yamaha, Ducati dan lain-lain menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menguntungkan.

Kita sering melihat moge berkeliaran di jalan kota bahkan hingga desa, mulai dari 250 cc hingga 1000 cc menghiasi jalanan negeri ini. Namun menunggangi motor berkapasitas mesin besar tidak boleh sembarangan, ada tips dan teknik tersendiri untuk menunggangi moge agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain dikarenakan motor berkapasitas besar ini membutuhkan teknik yang lebih tinggi dari pada menggunakan motor biasa yang kapasitas mesinnya kecil.

Kali ini JagatOtomotif.com akan memberikan sedikit teknik dan tips berguna bagi anda yang masih pemula dalam mengendarai Motor Gede “Moge”.

Menyatu dengan motor

Kita tidak bisa memerintahkan motor untuk bergerak sesuai keinginan, dikarenakan moge lebih berat daripada motor pada umumnya, maka dari itu teknik yang paling penting adalah kita harus menyatu dengan kendaraan agar lebih santai, dengan begitu motor akan lebih mudah untuk dikendarai.

Konsentrasi tinggi

Kapasitas mesin besar, top speed tinggi, banyak pengendara merasa sayang jika tidak melaju kencang di jalanan ketika menunggangi moge, tetapi perlu di ingat kita harus konsentrasi penuh ketika menunggangi kuda besi yang satu ini dan perlu mengetahui rute perjalanan dengan baik.

Safety riding

Walaupun kendaraan dilengkapi sistem keselamatan yang canggih kita harus tetap menggunakan Safety Gear, mulai dari helm hingga sepatu harus di perhatikan, minimal perlengkapan standar harus ada.

Cek kondisi kendaraan

Dengan cc besar maka kendaraan harus sering di cek kondisinya karena menyangkut keselamatan, khususnya pada sistem pengereman dan ban harus sering di cek ketika hendak berkendara, jangan sampai rem blong saat melaju kencang, sangat berbahaya.

Kondisi ban ideal

Ban di sini berperan penting, pengendara diwajibkan mengerti tentang motornya sendiri, motor berkapasitas mesin besar membutuhkan daya cengkram ban yang baik, jangan sampai menggunakan ban yang sudah gundul untuk berkendara. Suhu ban juga harus diperhatikan, ban yang belum panas dapat menyebabkan selip, coba lihat pada ajang balap MotoGP, sebelum start pembalap diwajibkan melakukan pemanasan pada motor dan ban terlebih dahulu sebelum race dimulai.

Untuk memanaskan ban, anda dapat berkendara pelan terlebih dahulu kemudian baru memacu kendaraan, dengan begitu suhu ban dapat ideal.

Posisi berkendara

Posisi pengendara saat menunggangi moge harus senyaman mungkin, jika sebelumnya kurang nyaman untuk anda kendarai, anda bisa mengaturnya sendiri atau di bengkel yang sudah terpercaya.

Etika berkendara

Ngebut boleh tapi jangan dijalan umum, ini dapat mengganggu pengendara lain dan dapat berbahaya. Jika ingin menjajal moge anda seberapa kencang bisa dilakukan di sirkuit resmi.

Advertisement
Teknik Mengendarai “Moge” yang Aman Bagi Pemula | Jagat Otomotif | 4.5