Tips Aman Menghilangkan Abu Gunung Berapi Pada Kendaraan

Advertisement

Vixion setelah selesai dicuciKali ini saya akan memberikan sedikit tips cara menghilangkan abu atau pasir akibat letusan gunung berapi. Pada malam jumat pada tanggal 13 februari 2014 tepatnya jam 22.50 gunung Kelud yang berada di Jawa timur meletus, akibat letusan tersebut banyak hujan abu vulkanik menyebar hampir di seluruh pulau Jawa, dan menyebabkan banyak sekali kendaraan yang tertimbun abu dan pasir, entah itu motor atau mobil. Berdasarkan pengalaman saya sendiri yang berada di Yogyakarta yang juga terkena dampak letusan gunung Kelud, akibatnya motor kesayangan penuh dengan abu vulkanik, saat itu masih di kos, nah ketika mau pulang kampung ternyata motor saya sudah dibersihkan dengan menggunakan lap oleh teman, saat itu belum kelihatan sih lecetnya, tapi setelah sampai di rumah dan saya cuci baru terlihat lecet-lecetnya di bagian tangki bahan bakar, sedih deh.

Dari kejadian tersebut saya harap anda tidak melakukan kesalahan dalam membersihkan kendaraan anda yang terkena abu vulkanik, alih-alih kendaraan kesayangan bersih malah menjadi lecet-lecet.

Tips menghilangkan abu gunung berapi pada kendaraan agar tidak lecet

  • Jangan langsung mengelap motor atau mobil anda dengan kain atau lap, hal tersebut hanya akan membuat cat pada kendaraan akan rusak karena abu gunung berapi (vulkanik) tersebut jika dilihat dengan mikroskop bentuknya runcing dan kasar.
  • Tunggu abu sampai kering dahulu agar nanti mudah membersihkannya.
  • Jika punya kompresor atau alat tiup lainya yang bertekanan tinggi gunakanlah alat tersebut untuk meniup abu dari kendaraan terlebih dahulu, sebelum dicuci.
  • Jika terasa sudah hilang barulah semprot atau siram dengan air bersih, jangan di lap dahulu, usahakan abu yang kasar-kasar hilang dan semua bagian kendaraan telah basah baru dilap.
  • Gunakanlah lap yang bersih dan lembut untuk mencuci sembari disiram dengan air, cari bagian yang tidak terlalu kotor terlebih dahulu agar kain atau lap yang kita gunakan tidak kotor oleh abu vulkanik.
  • Gunakan sabun khusus untuk mencuci kendaraan agar meminimalkan gesekan antara abu yang masih menempel dengan cat kendaraan yang menyebabkan lecet.
  • Setelah selesai lap hingga kering motor atau mobil anda dengan kanebo.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada sobat sekalian, semoga dapat bermanfaat. Baca juga ini untuk tambahan ilmu Kendaraan Harus Rajin dicuci Jika Sering Pergi Kepantai

Salam jagatotomotif

Advertisement
Tips Aman Menghilangkan Abu Gunung Berapi Pada Kendaraan | Jagat Otomotif | 4.5