Tips Membeli Motor Bekas Online Agar Tidak Kena Tipu

Advertisement

Awas Penipuan

Dunia internet saat ini berkembang sangat cepat, khususnya pada jual beli online, hampir segala macam barang bisa anda beli hanya dengan membuka internet di komputer atau bahkan hanya melalui smartphone. Mulai dari barang murah hingga barang mahal bisa anda dapatkan, namun dari kemudahan yang kita dapatkan disitu juga banyak penipuan yang bisa menghampiri kita kapan saja, kasus yang sangat sering terjadi dan dapat merugikan kita hingga puluhan juta rupiah adalah penipuan jual beli kendaraan, bisa motor maupun mobil. Karena hal tersebut maka JagatOtomotif.com ingin membagi tips bagaimana membeli motor bekas secara online, agar teman-teman lain yang membaca ini lebih berhati-hati dalam bertransaksi.

Jika lokasi penjual dapat kita jangkau dengan mudah

Jika penjual berlokasi dekat dengan kita atau bisa kita jangkau sebaiknya anda langsung saja menemui dan melihat motor yang ingin dibeli dan melakukan transaksi ditempat. Hal ini untuk mengurangi resiko penipuan, karena sering sekali penipuan terjadi jika barang yang dijual berada jauh dari pembeli dan diharuskan kirim melalui kargo.

Jika lokasi penjual susah dijangkau

Kalau penjual berada ditempat yang tidak memungkinkan kita untuk kesana langsung atau berbeda pulau dengan kita, sebaiknya anda lebih berhati-hati. JagatOtomotif menyarankan anda agar mencari orang yang benar-benar bisa dipercaya seperti saudara atau teman untuk menemui penjual, mengecek kendaraan dan melakukan transaksi, agar lebih meyakinkan.

Tanya pekerjaan penjual

Jika penjual motor mengaku polisi, tentara, atau pengusaha sukses, anda perlu berhati-hati dan harus teliti, biasanya penipu melakukan hal tersebut agar lebih meyakinkan pembeli. Jangan langsung percaya begitu saja.

Minta foto penjual

Untuk lebih meyakinkan, suruh penjual foto motor tersebut dengan dirinya yang sedang membawa KTP, foto harus jelas dan KTP dapat terbaca dengan baik. Minta juga dia foto dirinya yang sedang membawa BPKB, STNK, KTP dan surat lain yang dibutuhkan. Semuanya harus dapat terbaca dengan jelas.

Minta kejelasan biaya

Sebelum melakukan transaksi, minta kejelasan berapa dan bagaimana biaya yang harus dibayar, jangan sampai ditengah-tengah penjual meminta uang untuk syarat pengiriman motor, dari awal harus dijelaskan, jika terpaksa ada biaya tambahan, anda bisa melunasinya jika barang sudah sampai ditangan, dan biaya tersebut harus jelas untuk apa.

Tips tambahan, biasanya motor yang dijual merupakan motor mahal

Agar penipu mendapatkan untung yang banyak, biasanya mereka menjual motor sport yang harganya mahal dan banyak peminatnya. Karena motor yang dijual harganya mahal maka otomatis pembelinya adalah orang yang berduit, dan orang berduit biasanya lebih loyal mengeluarkan uangnya.

Itu hanya beberapa tips untuk membantu anda agar tidak tertipu membeli motor secara online, tetapi JagatOtomotif tetap menyarankan sebaiknya anda langsung menemui penjual untuk melihat barang yang akan dijual dan mengecek kelengkapan surat-surat.

Advertisement
Tips Membeli Motor Bekas Online Agar Tidak Kena Tipu | Jagat Otomotif | 4.5