Tips Memilih Stang Jepit Motor Sport yang Nyaman

Advertisement

Stang jepit vixionPenggunaan stang jepit memang membuat tampilan motor dan penunggangnya semakin sporty tetapi jika pemilihan stang jepit tidak benar maka akan membuat mengakibatkan kurang nyaman untuk dipakai berkendara bahkan dapat membahayakan, contohnya saat digunakan digunakan untuk berkendara jauh membuat pegal dibagian tangan dan punggung.

Sedikit cerita dari saya, dulu saya pernah meminjam motor vixion tetangga yang menggunakan stang jepit dan foot step underbone dan pada saat itu saya gunakan untuk mengantar tetangga, saat itu sebenarnya tempat tujuan tidak terlalu jauh, tapi pegalnya minta ampun padahal sudah memakai foot step underbone untuk meminimalkan pegal, wajar sih jarang pake motor stang jepit, mungkin kalau sendirian agak mending, tetapi ini boncengan jadi pegal-pegal di tangan dan pinggang.

Setelah saya punya motor vixion sendiri, pernah juga pakai stang jepit seperti gambar diatas, pertamanya sih pegal-pegal juga, apalagi saat posisi macet, ampun. Tapi lama-kelamaan sudah tidak terlalu pegal.

Kali ini jagatotomotif share pengalaman dan tips memilih stang jepit yang baik agar nyaman digunakan saat berkendara jauh dan dekat.

Pertama – Tips memilih stang jepit

Sesuaikan dengan tinggi badan pengendara, untuk memberi rasa nyaman saat berkendara pilihlah stang jepit yang tidak datar, pilih yang melengkung seperti stang jepit Satria FU 150. Ya mending lah bisa mengurangi pegal dari pada menggunakan stang yang lurus. Stang jepit yang saya maksud seperti gambar dibawah ini.

Stang jepit satria fu

Stang jepit Satria FU 150

Kedua – Tips memilih stang jepit

Jika menggunakan stang jepit pasti harus menurunkan shock depan, atau istilah umumnya “menjebloskan” untuk tempat memasang stang, kecuali yang bawaan pabrikan sudah memakai stang jepit. Untuk ini jangan menurunkan shock terlalu dalam karena bisa mengakibatkan badan pengguna menjadi terlalu bungkuk sehingga dapat membuat badan lebih cepat pegal. Jika hanya untuk digunakan jarak dekat atau untuk lomba tidak apa-apa tetapi jika digunakan untuk perjalanan jauh pasti sangat pegal dan tidak nyaman.

Ketiga – Tips memilih stang jepit

Bukaan stang juga harus diperhatikan, jangan terlalu lebar atau terlalu sempit (seperti anak-anak alay) :-) agar saat berbelok tidak terlalu kesulitan dan tetap nyaman digunakan.

 

Advertisement
Tips Memilih Stang Jepit Motor Sport yang Nyaman | Jagat Otomotif | 4.5