Tips Sebelum Memasang Alarm Pada Sepeda Motor

Advertisement

alarm clockUntuk menjaga agar kendaraan anda tetap aman dan mengurangi resiko dicuri oleh orang, alangkah baiknya jika anda memasang alarm pada kendaraan kesayangan anda. Sekarang ini tindak pencurian sepeda motor sangat tinggi di kota-kota besar, bahkan didalam parkiran yang tergolong aman juga dapat dicuri, dengan memasang alarm pada motor anda proses pencurian kendaraan bermotor ini dapat dihindari atau dicegah.

Nah sebelum berbicara lebih jauh, simak dahulu tips berikut sebelum memasang alarm pada sepeda motor:

1. Model alarm

Untuk menjaga agar kabel-kabel kelistrkan pada sepeda motor tetap aman, usahakan mencari alarm yang plug and play, maksudnya tinggal pasang tanpa merubah alur-alur kelistrikan pada kendaraan anda, agar jika terjadi kesalahan atau jika terjadi apa-apa pada kendaraan anda dapat dengan mudah dicari masalahnya pada dealer resmi.

Jika terpaksanya menggunakan alarm yang tidak plug and play sebaiknya perhatikan dan hati-hati dalam pemasangannya, usahakan pada sambungan kabel tidak terkelupas dan tertutup dengan isolasi yang kuat, jangan sampai sambungan tersebut mudah terkena air dan konslet nantinya.

2. Perhatikan pemasangannya

Biasanya pada alarm jaman sekarang sudah satu paket dengan auto starter, jadi motor anda dapat dinyalakan dari jarak jauh tanpa harus memasang kunci motor terlebih dahulu. Jika motor anda adalah motor injeksi usahakan jangan sampai memasang auto starter ini, cukup dengan memasang alarmnya saja, kenapa? Karena pada motor injeksi yang normal, jika mesin tidak dalam posisi netral, mesin tidak mau di starter. Apa jadinya jika posisi mesin tidak netral atau pada posisi gigi 1 atau 2? tentu saja motor akan langsung nyelonong dan dapat membahayakan seseorang yang ada disekitar.

Sedikit cerita ya?hehe Motor teman saya dulu pernah mengalami hal yang diluar dugaan, dia menggunakan motor yamaha vixion, saat memasang alarm kendaraan ia sekaligus memasang auto starter ini, ketika itu dia parkir sepeda motornya didekat selokan, entah terburu-buru atau apa dia belum menetralkan mesinnya, niatnya mau pamer bisa starter dari jarak jauh malah motornya langsung terjun ke selokan. Semoga ini bisa jadi pengalaman buat kita semua ya.

Advertisement
Tips Sebelum Memasang Alarm Pada Sepeda Motor | Jagat Otomotif | 4.5